Informasi/Materi/Tulisan Pribadi Yang Tidak Boleh Disebarkan di Internet demi Kebaikan Bersama

Informasi/Materi/Tulisan Pribadi Yang Tidak Boleh Disebarkan di Internet demi Kebaikan Bersama


Internet bagaikan pisau tajam bermata dua, di mana yang satu sangat bermanfaat untuk menunjang kehidupan kita di jaman modern, dan yang satunya lagi ujungnya mengarah ke arah kita siap untuk mencelakakan diri kita jika tidak hati-hati dan bijak dalam membawa diri. Di samping beragam manfaat dari internet, juga teradapat berbagai ancaman yang mampu membahayakan diri kita sadar maupun tidak.

Tidak hanya tulisan saja, namun juga dalam bentuk komunikasi verbal dan non verbal lainnya seperti foto, video, suara, animasi, file, dan lain-lain. Banyak sekali hal-hal yang tidak boleh kita sebarkan di internet yang bisa dibaca dan disebarluaskan oleh orang lain. Susuatu yang tidak baik yang telah kita lakukan bisa diabadikan dengan mudah oleh banyak orang di seluruh dunia untuk dipermasalahkan di kemudian hari.

Banyak pelaku tidak kejahatan cyber yang berkeliaran di internet yang siap melancarkan aksinya kepada orang-orang polos dan orang-orang lengah. Informasi pribadi yang kita sebarluar di internet sudah pasti bisa dibaca semua orang di dunia. Apabila dibatasi untuk konsumsi teman pun juga bisa bocor akibat ulah hacker maupun ulah teman kita sendiri yang menyebarkannya kepada umum. Para penjahat bisa dengan mudah memantau segala info pribadi dan aktivitas kita lewat internet untuk bahan penyusunan rencana aksi kejahatannya.

Ada banyak hal yang bersifat pribadi yang seharusnya tidak kita sebarkan untuk konsumsi umum di internet untuk kebaikan kita sendiri maupun kebaikan orang lain :

1. Data Pribadi Secara Detail
2. Detil Aktivitas / Kegiatan Hidup Sehari-Hari
3. Rasa Kesal, Benci dan Dendam
4. Menyebarkan/Menceritakan Aib
5. Menyebarkan Materi Bajakan, Porno, dkk
6. Menunjukkan Kebodohan/Kepolosan Kita
7. Sesuatu yang Merugikan Secara Keuangan
8. Gosip, Fitnah, Adu Domba, Dsb
9. Hobi Jahat yang Merugikan Orang Lain
10. Ilmu yang Mengajarkan Orang Berbuat Jahat/Maksiat

Menjadi orang yang baik saat berada di dunia online, memberi peringatan kepada pengguna internet lain, menyadarkan pelaku tindak kejahatan online, menyebarkan ilmu yang bermanfaat lewat internet, dan lain sebagainya adalah perilaku terpuji yang bisa kita lakukan di dunia internet. Tidak hanya akan mendapatkan ucapan terima kasih, namun juga akan mendapatkan pahala dari Tuhan Allah SWT dan dukungan dari masyarakat umum. Jauh lebih menarik daripada cemohan, hukum pidana dan dosa yang kita dapatkan dari berbuat yang tidak-tidak di dunia maya.

Telah banyak contoh nyata yang terjadi di sekitar kita akibat dari dampak bahaya internet. Yang perlu kita lakukan adalah menjadi orang yang baik dan waspada di internet agar terhindar dari segala keburukan yang ada di dalam dunia maya. Tidak untuk diri kita sendiri, namun juga kita harus mengingatkan orang-orang yang kita cintai agar tidak menjadi korban internet berikutnya. Terima Kasih.